Senin, 27 Juli 2015

Harga Gila


Dalam situasi apa Anda merasa tertipu saat berbelanja? Saya punya pengalaman buruk berbelanja yang baru terasa setelah saya tiba di rumah. Saat memeriksa struk belanja di rumah karena akan saya salin ke dalam catatan pengeluaran yang biasa saya tulis di komputer, saya tersadar bahwa ternyata harga yang saya bayarkan untuk barang tertentu ternyata sungguh gila!

Kok bisa ada harga gila? Harga gila yang saya maksud adalah harga yang tidak wajar, yakni jauh melebihi harga biasanya di tempat belanja yang berbeda. Kebetulan, barang yang saya beli tadi juga saya beli 10 hari sebelumnya di tempat yang berbeda. Saya sangat jengkel karena harganya jauh berbeda.

Bayangkan! Di toko tempat tadi pagi saya berbelanja, harga satuan barang A tercatat Rp 7.300,-. Padahal, di toko yang lain, 10 hari yang lalu saya membelinya dengan harga satuan Rp 5.000,-! Sementara itu, untuk barang B, tadi pagi saya membeli dengan harga satuan Rp 6.300,- sedangkan untuk barang yang sama 10 hari lalu saya membelinya dengan harga Rp 4.200,-!

Para pembaca yang budiman. Anda mungkin pernah mengalami hal serupa dan mungkin juga mengetahui bahwa ada toko tertentu yang memang menjual beberapa barang dengan harga yang lebih mahal. Tapi perbandingan beda harga yang saya temukan ini sungguh terlalu jauh: dua barang itu lebih mahal 46% dan 50%! Gambarannya, untuk barang B, di toko tempat tadi pagi saya berbelanja Anda akan mendapatkan 2 barang, sedangkan di tempat lain Anda bisa mendapatkan 3 barang!

Memangnya di mana tadi pagi saya berbelanja, dan di mana tempat belanja saya 10 hari sebelumnya? Tadi pagi saya berbelanja di toko ritel swalayan modern (waralaba nasional) dan 10 hari lalu saya berbelanja di toko swalayan lokal. Keduanya sama-sama berada di kota Pamekasan.

Saat tadi pagi masih gemas dengan fakta yang saya temukan, saya jadi teringat beberapa bulan lalu saat secara tak sengaja melihat label harga sebuah makanan ringan di ritel swalayan modern serupa yang harganya juga sungguh gila. Saya lihat harga satuannya Rp 2.400,- padahal di swalayan lainnya saya tahu bahwa harganya Rp 1.500,-! Lebih mahal 60%!



Saya pikir pembaca yang budiman juga punya pengalaman yang sama atau mirip di toko eceran yang saya maksud, yakni bahwa ada beberapa barang yang harganya sungguh gila!

Memang, yang namanya swalayan mengasumsikan bahwa pembeli sudah sadar dengan harga barang yang akan dia beli. Tapi, saat sedang terburu, pembeli mungkin tidak sempat memperhatikan label harga yang tercantum.

Secara pribadi, sebenarnya saya memang berusaha agar sebisa mungkin tidak berbelanja di toko eceran seperti tempat tadi pagi itu. Alasan utamanya mungkin bisa dibilang cukup ideologis: masuknya toko eceran swalayan modern ke pelosok beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh banyak pihak sebagai serangan bagi pengusaha kecil di tingkat lokal. Ritel-ritel itu pelan-pelan dapat membunuh pengusaha lokal dan pasar tradisional. Padahal, pasar tradisional merupakan ruang publik yang bernilai penting secara sosial dan budaya—selain ekonomi.

Beberapa pihak memprotes kebijakan pemerintah lokal yang terkesan cukup longgar dalam memberi izin. Namun, bukankah keputusan berbelanja di mana dan apa itu pada akhirnya berada pada tingkat individu?

Demikianlah, pembaca yang budiman. Pengalaman tadi pagi tampaknya harus menjadi pengingat yang tegas buat saya atas niatan saya untuk sedapat mungkin tidak berbelanja di ritel modern (waralaba nasional) itu.

Itu yang sifatnya personal. Lalu bagaimana melihat pengalaman tadi dari sudut pandang sosial? Ada beberapa pertanyaan yang kemudian muncul. Misalnya, apakah tidak ada regulasi yang mengatur harga jual barang jika ternyata harga jualnya sungguh tidak wajar? Atau, jika mau mengeluh, kepada siapa masyarakat menyampaikannya?

Sekali lagi, pengalaman berbelanja tadi pagi ini mengajak saya untuk kembali merenung dan mengingat bahwa ada banyak aspek terkait dengan kegiatan konsumsi kita sehari-hari. Itu bisa sesuatu yang terkait dengan problem etis (seperti terkait isu keadilan lingkungan) atau bahkan mungkin juga ideologis dan politis. Pada akhirnya, pada tingkat individu, ini menegaskan pentingnya menjadi konsumen yang kritis dan bertanggung jawab.

8 komentar:

Titosdupolo (Colt T120) mengatakan...

ukuran Roma Malkist nya sama sama yang segitu, 145 dan 150 gram?

M Mushthafa mengatakan...

Ya, barangnya persis sama. Cuma di struk memang tidak teperinci dan persis penulisannya.

nisa mengatakan...

Maaf, pak, kalau boleh saya meralat. Secara matematis, harga yang lebih mahal tersebut disebut lebih mahal 46%, 50%, dan 60%. Jadi bukan 146%, 150%, 160%.

Jika ingin tetap menggunakan 146%, 150%, dan 160%, maka kalimatnya adalah harga baru adalah 146% dari harga barang di toko yang lebih murah.

Semoga dipahami perbedaannya.

Mohon maaf jika kurang berkenan.

Salam kenal dari guru matematika di Surabaya. :)

M Mushthafa mengatakan...

Terima kasih atas koreksinya, Bapak Afatsa. Naskah di atas terlalu keburu saya posting, tidak dibaca ulang, sementara insting matematika saya tidak cukup kuat.
Naskah langsung saya koreksi.
Salam kenal juga dari pedalaman Madura.

Paisun mengatakan...

Menginspirasi kiai. Kalau boleh tahu, kenapa nama toko ritel tidak disebut langsung? Apa memang ada etika tersendiri?

M Mushthafa mengatakan...

Paisun, saya tidak tahu hukumnya/etikanya soal ketidakbolehan menyebut nama seperti di tulisan saya. Saya tidak menyebutnya karena saya pikir pembaca tidak akan kesulitan untuk mengenali nama toko yang saya maksud. Jadi, dalam istilah JK Rowling, namanya bisa dikatakan "You-Know-Who" atau dalam konteks ini "You-Know-What".. :-)

arian sahidi mengatakan...

saya pernah mengalami yang beginian, kadang suka aneh aja gitu, kenapa harga di tempat lain bisa mahalnya amit-amit dibandingkan dengan tempat yg kelasnya sama.

Unknown mengatakan...

Ini mah masi lumayan. Kadang harga yang di display dengan harga yang dibayar dikasir berbeda. Kalau kita beli banyak, mana kita perhatikan lagi. Ketika diprotes, jawabnya ohh harga yang di display belum diupdate .