Kamis, 07 Agustus 2014

Buku untuk Literasi di Sekolah


Program literasi di SMA 3 Annuqayah semakin diperkuat mulai tahun pelajaran 2013/2014 lalu. Sekolah merancang sejumlah program khusus yang beberapa di antaranya memperkuat program yang sudah terlaksana sebelumnya.

Ada satu program baru yang dicanangkan tahun lalu, yakni program wajib baca buku. Rencananya, sekolah akan mewajibkan semua siswa untuk membaca sejumlah buku dalam waktu satu tahun pelajaran. Adapun buku yang bisa dibaca untuk program ini sudah dipilih dan disediakan secara khusus oleh sekolah di tiap kelas (dalam program Perpus-dalam-Kelas).

Karena ternyata proses pemilihan buku dan pengadaannya cukup memakan waktu, akhirnya program ini tidak terlaksana. Namun begitu, 3 bulan sebelum tahun pelajaran 2013/2014 berakhir, SMA 3 Annuqayah telah membeli 22 judul buku terpilih yang semua berjumlah 218 eksemplar. Selain itu, sekolah juga membeli Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi terbaru sebanyak 9 eksemplar yang disebar ke tiap kelas. Sekolah juga menerbitkan Kisah Terpilih: Antologi Cerita Pendek yang merupakan proyek penerbitan cerpen-cerpen karya cerpenis terkemuka Indonesia lintas-dekade. Kisah Terpilih dicetak terbatas sebanyak 55 eksemplar dan disebar ke tiap kelas.

Meski program wajib baca tidak terlaksana, di akhir tahun pelajaran 2013/2014 lalu, SMA 3 Annuqayah sempat melaksanakan kegiatan “Tantangan Membaca”. Dalam waktu 30 hari antara 10 Mei hingga 10 Juni 2014, siswa SMA 3 Annuqayah ditantang untuk membaca paling sedikitnya 5 buku terpilih di antara 22 judul buku yang tersedia. Berikut ini daftar judul bukunya:

Buku Pilihan Program Wajib Baca dan Tantangan Membaca:
Annuqayah: Gerak Transformasi Sosial di Madura, Bisri Effendy, Jakarta: P3M.
Rahasia Perempuan Madura, A. Dardiri Zubairi, Surabaya: Andhap Asor.
Bilik-Bilik Cinta Muhammad, Nizar Abazhah, Jakarta: Zaman.
Perempuan, M. Quraish Shihab, Jakarta: Lentera Hati.
Wahid Hasyim, Tim Majalah Tempo, Jakarta: KPG.
Wiji Thukul, Tim Majalah Tempo, Jakarta: KPG.
Emak, Daoed Joesoef, Jakarta: Kompas.
Ganti Hati, Dahlan Iskan, Jakarta: Elex Media.
Alamku Tak Seramah Dulu, Aditya Dipta (ed.), Jakarta: YOI.
Greendeen, Ibrahim Abdul-Matin, Jakarta: Zaman.
Lumbung Pangan, Hira Jhamtani, Yogyakarta: Insist Press.
Terapi Berpikir Positif, Ibrahim Elfiky, Jakarta: Zaman.
Bekisar Merah, Ahmad Tohari, Jakarta: Gramedia.
Jalan Tak Ada Ujung, Mochtar Lubis, Jakarta: YOI.
Pertemuan Dua Hati, Nh. Dini, Jakarta: Gramedia.
Sang Alkemis, Paulo Coelho, Jakarta: Gramedia.
Lukisan Kaligrafi, A. Mustofa Bisri, Jakarta: Kompas.
Totto-chan, Tetsuko Kuroyanagi, Jakarta: Gramedia.
Sheila, Torey Hayden, Bandung: Qanita.
Rabiah al-Adawiyah, Makmun Gharib, Jakarta: Zaman.
Keajaiban Istighfar, Qamaruddin SF, Jakarta: Zaman.
Usir Galau dengan Internet Sehat, Donny Bu, Yogyakarta: Andi Offset.


Alhamdulillah, meski dilaksanakan secara cukup mendadak dan waktunya juga di sela-sela pelaksanaan ujian semester, ada 11 siswa yang berhasil menuntaskan program “Tantangan Membaca” ini (termasuk menuliskan rangkuman/ulasan buku yang dibacanya), dan 8 di antaranya mempresentasikan satu buku hasil bacaannya secara lisan di sebuah forum yang difasilitasi sekolah.

Program “Tantangan Membaca” ini sebenarnya bukan hal baru di lingkungan sekolah. Kami mendengar program ini dari Satria Dharma, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang juga pegiat literasi, saat menjadi narasumber di SMA 3 Annuqayah beberapa bulan lalu dalam sebuah seminar literasi. Namun, kami memilih secara khusus daftar buku yang dimasukkan untuk program ini. Mirip dengan pengembangan program silent reading yang sudah dilaksanakan di banyak sekolah di Indonesia dengan cara memilih bacaan yang dikutip dari buku tertentu untuk program silent reading yang di SMA 3 Annuqayah disebut program Perpus-Masuk-Kelas. Dengan memilih buku yang bisa dibaca dan disebar ke tiap kelas, diharapkan siswa dapat diarahkan untuk membaca buku-buku tertentu yang sesuai dengan visi sekolah dan relatif bermutu.

Pemilihan buku yang tepat menurut saya menjadi salah satu kunci penting dalam mendorong minat baca. Karena itu, selain kesesuaian dengan visi sekolah dan mutu yang terjamin, kami berusaha untuk memilih buku yang secara relatif enak dibaca dan mudah dicerna. Demi membantu kemudahan siswa, sekolah menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia di tiap kelas.

Selain wawasan perbukuan yang luas, tantangan dalam memilih buku untuk program ini adalah kesesuaian dengan kemampuan membaca siswa. Meski siswa di SMA 3 Annuqayah rata-rata memiliki pengalaman membaca buku yang sangat minim, kadang saya memberanikan diri untuk memasukkan buku yang mungkin relatif berat. Sebagai penjajakan, kami mengujicobakan ke beberapa siswa dengan secara proaktif meminjamkan buku tersebut untuk dibaca. Misalnya, saya pernah meminjamkan buku Dari Puncak Bagdad karya Tamim Ansary untuk dibaca siswa kelas XI SMA 3 Annuqayah. Juga novel Mushashi karya Eiji Yoshikawa. Alhamdulillah, ternyata dibaca tuntas.

Tantangan lainnya berupa ketersediaan buku. Tak jarang kami harus memfotokopi buku yang kami pilih karena buku tersebut sudah tidak dicetak oleh penerbit.

Tentu saja, dalam hal memilih buku, masukan dari berbagai pihak sangatlah membantu kami. Tak hanya rekan-rekan pencinta buku yang memberi masukan, bahkan AS Laksana turut mengapresiasi program ini dan sempat berdiskusi soal pilihan beberapa buku yang saya daftar. Lebih jauh, AS Laksana sempat menyebut program literasi di SMA 3 Annuqayah ini dalam sebuah esainya di rubrik Ruang Putih Jawa Pos edisi 29 Desember 2013.

Dalam program “Tantangan Membaca” yang dilaksanakan akhir tahun pelajaran 2013/2014 lalu, memang terlihat bahwa ada buku yang tampaknya belum atau jarang dicoba untuk dibaca siswa. Ini merupakan tantangan bagi kami sebagai penyelenggara untuk memikirkan bagaimana caranya agar buku tersebut bisa diminati.

Sebagai pengembangan dari program “Tantangan Membaca”, beberapa waktu lalu saya menggagas untuk mengembangkan program ini dalam sebuah program dengan nama “Tantangan Membaca 2.0”. Dalam versi baru, program ini menantang siswa untuk membaca sejumlah buku terpilih dalam satu tema tertentu. Diharapkan, pengalaman membaca secara terfokus seperti ini akan memberi pengalaman baru yang berbeda, mendorong semangat belajar siswa, dan mengarahkan siswa untuk menekuni bidang kajian tertentu.

Sejauh ini, ada 10 tema yang sudah terpilih, yakni: al-Qur’an, sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw., akhlak/tasawuf, pesantren, Madura, sejarah/tokoh, lingkungan hidup, jurnalistik, sastra Indonesia, dan sastra dunia.

Saat ini kami sedang menyusun daftar buku terpilih untuk kesepuluh tema ini. Saya memang tidak yakin bahwa semua buku yang ada dalam daftar ini dapat kami beli semua tahun ini, karena untuk soal pengadaan kami harus menyesuaikan dengan keterbatasan dana sekolah yang sejauh ini hanya mengandalkan pada dana BOS. Meski tidak terbeli semuanya tahun ini, saya pikir pekerjaan mendaftar buku ini akan bermanfaat. Paling tidak sebagai daftar keinginan. Pemilihan daftar ini saya pikir juga akan sangat berguna jika ada sekolah lain yang juga melaksanakan program literasi dan butuh rekomendasi daftar buku pilihan.

Saya berbagi daftar buku terpilih ini juga dengan maksud untuk mendapatkan dukungan dari para pembaca. Dukungan dapat berupa masukan atau usul tentang buku yang cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar buku terpilih sesuai tema. Juga bisa terkait dengan pengadaan. Siapa tahu ada yang sudi membantu mencarikan di toko buku (tentu jika bisa dengan harga yang murah). Atau malah ada penerbit peduli literasi yang mau memberi potongan khusus untuk kami. (Alhamdulillah, dalam 2 tahun terakhir, Penerbit Serambi dan Zaman di Jakarta memberi kami diskon khusus setiap kali kami membeli buku-buku mereka). Atau ada yang mau menyumbang satu atau dua judul buku yang masuk di daftar ini. Atau ada yang mau membantu mencarikan bukunya untuk difotokopi jika ternyata buku tersebut sudah tidak tersedia lagi di toko buku.

Tentu saja, saya juga masih akan terus menghimpun daftar buku selain untuk kesepuluh tema ini. Namun, sementara, saya dahulukan untuk menyusun daftar buku untuk kesepuluh tema ini, dan nanti dalam pengadaannya saya mungkin harus kompromi dengan membelanjakan dana yang ada dengan fokus pada tema tertentu karena mungkin sulit untuk membeli semua buku dari sepuluh tema ini dalam waktu satu tahun pelajaran ini. Berikut ini daftar sementara buku terpilih untuk kesepuluh tema tersebut:

Tema al-Qur’an:
Tema Pokok al-Qur’an, Fazlur Rahman, Pustaka.
Mukjizat al-Qur’an, M. Quraish Shihab, Mizan.
Membumikan al-Qur’an, M. Quraish Shihab, Mizan.
Detik-Detik Penulisan Wahyu, Fathi Fawzi ‘Abdul Mu’thi, Zaman.
Al-Lubab (Al-Fatihah dan Juz ‘Amma), M. Quraish Shihab, Lentera Hati.
Wanita-Wanita al-Qur’an, Fathi Fawzi ‘Abdul Mu’thi, Zaman.
Al-Qur’an dan Lautan, Agus S. Djamil, Arasy.

Tema Sejarah Nabi Muhammad:
Muhammad, Martin Lings, Serambi.
Khadijah: The True Love Story of Muhammad, Abdul Mun’im Muhammad, Penerbit Pena.
Sayidah Aminah, ‘Aisyah Abdurrahman binti Syathi’, Lentera.
Pribadi Muhammad, Nizar Abazhah, Zaman.
Bilik-Bilik Cinta Muhammad, Nizar Abazhah, Zaman.
Ketika Nabi di Kota, Nizar Abazhah, Zaman.
Muhammad: Rasul Zaman Kita, Tariq Ramadan, Serambi.
Dan Muhammad adalah Utusan Allah, Annemarie Schimmel, Mizan.

Tema Akhlak/Tasawuf:
Buku Saku Olah Jiwa, al-Hakim al-Tirmidzi, Zaman.
Al-Hikam, Ibnu Athaillah, Zaman.
Nashaihul Ibad, Syekh Nawawi al-Bantani, Pustaka Turos.
Obrolan Sufi, Robert Frager, Zaman.
Pencerah Matahati, Muzaffer Ozak, Serambi.
Rabiah al-Adawiyah, Makmun Gharib, Zaman.
Jalan Cinta Rumi, Nigel Watts, Gramedia.
Keajaiban Istighfar, Qamaruddin SF, Zaman.
Tobat itu Nikmat, Asy’ari Khatib, Zaman.
Jiwaku Adalah Wanita, Annemarie Schimmel, Mizan.
Perjalanan Menuju Keabadian, M. Quraish Shihab, Lentera Hati.
Tafsir Kebahagiaan, Jalaluddin Rakhmat, Serambi.
Dengarkan Hatimu Berbisik, Muhammad Kuswandi, Zaman.

Tema Pesantren:
Annuqayah: Gerak Transformasi Sosial di Madura, Bisri Effendy, P3M.
Guruku Orang-Orang Pesantren, Saifuddin Zuhri, LKiS.
Berangkat dari Pesantren, Saifuddin Zuhri, LKiS.
Wahid Hasyim, Tim Majalah Tempo, KPG.
Kiai Nyentrik Membela Pemerintah, Abdurrahman Wahid, LKiS.
Tradisi Pesantren, Zamakhsyari Dhofier, LP3ES.
Pembaruan Pesantren, Abd. A’la, LKiS.
Bilik-Bilik Pesantren, Nurcholish Madjid, Paramadina.

Tema Madura:
Sejarah Madura: Selayang Pandang, Abdurrahman.
Madura dalam Empat Zaman, Hubb de Jong, Gramedia.
Madura 1850-1940: Perubahan Sosial dalam Masyarakat Agraris, Kuntowijoyo, MataBangsa.
Carok, A. Latief Wiyata, LKiS.
Manusia Madura, Mien A. Rifai, Pilar Media.
Rahasia Perempuan Madura, A. Dardiri Zubairi, Andhap Asor.

Tema Sejarah/Tokoh:
Atlas Walisongo, Agus Sunyoto, Pustaka IIMaN.
Kesadaran Nasional: Dari Kolonialisme sampai Kemerdekaan, Slamet Muljana, LKiS.
1000 Tahun Nusantara, Tim Kompas, Kompas.
Soekarno, Tim Tempo, KPG.
Hatta, Tim Tempo, KPG.
Dari Puncak Bagdad: Sejarah Dunia versi Islam, Tamim Ansary, Zaman.
100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia, Michael Hart, Noura Books.
100 Muslim Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Muhammad Majlum Khan, Noura Books.

Tema Lingkungan Hidup:
Alamku Tak Seramah Dulu, Aditya Dipta (ed.), YOI.
Greendeen, Ibrahim Abdul-Matin, Zaman.
Lumbung Pangan, Hira Jhamtani, Insist Press.
Dari Ladang Sampai Kabinet: Menggugat Nasib Petani, JA Noertjahyo, Kompas.
Paradigma Baru Pembangunan Pertanian, Loekman Soetrisno, Kanisius.

Tema Jurnalistik:
Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar, Luwi Ishwara, Kompas.
Seandainya Saya Wartawan Tempo, Bambang Bujono & Toriq Hadad, ISAI.
Kalimat Jurnalistik, AM Dewabrata, Kompas.
Cerita di Balik Dapur Tempo, Tim Majalah Tempo, KPG.
Jurnalisme Investigasi, Dandhy Dwi Laksono, Kaifa.
Jurnalisme Sastra, Andreas Harsono (ed.), KPG.
Citizen Journalism, Pepih Nugraha, Kompas.
Blur, Bill Kovach, Dewan Pers.

Tema Sastra Indonesia:
Arus Balik, Pramoedya Ananta Toer, Hasta Mitra.
Ronggeng Dukuh Paruk, Ahmad Tohari, Gramedia.
Dilarang Mencintai Bunga-Bunga, Kuntowijoyo, Pustaka Firdaus.
Orang-Orang Bloomington, Budi Darma, Sinar Harapan.
Seribu Kunang-Kunang di Manhattan, Umar Kayam, Grafiti.
Jalan Tak Ada Ujung, Mochtar Lubis, YOI.
Lukisan Kaligrafi, A. Mustofa Bisri, Kompas.
Saksi Mata, Seno Gumira Ajidarma, Bentang Pustaka.
Tarian Bumi, Oka Rusmini, Tera.
Blok, Putu Wijaya, Pustaka Firdaus.
Murjangkung, AS Laksana, GagasMedia.
Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh, Dee, Bentang Pustaka.

Tema Sastra Dunia:
Pangeran Kecil, Antoine de Saint-Exupery, Gramedia.
Sampar, Albert Camus, Pustaka Jaya.
Musashi, Eiji Yoshikawa, Gramedia.
Lorong Midaq, Naguib Mahfouz, YOI.
Dr. Zhivago, Boris Pasternak, Narasi.
Ibunda, Maxim Gorky, Kalyanamitra.
Lelaki Tua dan Laut, Ernest Hemingway, Serambi.
To Kill a Mockingbird, Harper Lee, Qanita.
100 Tahun Kesunyian, Gabriel Garcia Marques, Bentang Pustaka.
In Cold Blood, Truman Capote, Bentang Pustaka.
Sang Alkemis, Paulo Coelho, Gramedia.
Kisah Pi, Yann Martel, Gramedia.


Baca juga:
>> Tantangan Membaca 2.0
>> Penerbit Peduli Literasi
>> Perpustakaan Masuk Kelas
>> Kerangka Acuan Program Literasi SMA 3 Annuqayah 2013/2014



0 komentar: